Skip to main content

UTS TRANSAKSI BERJAMIN

 UTS TRANSAKSI BERJAMIN


KASUS I

Bank Jago cabang Bandung, Jawa Barat, telah memberikan fasilitas kredit kepada PT. Sari Megapolitan Agung (“PT. SMA”), perusahaan pengembang perumahan, sebesar Rp. 30.000.000.000,- (tiga puluh milyar rupiah) melalui Perjanjian Kredit tertanggal 12 Oktober 2023.

PT. SMA melakukan kontrak kerja dengan PT. Bukit Prima Property ("PT. BPP”) dalam pembangunan perkantoran dengan nilai proyek sebesar Rp. 60.000.000.000,- (enam puluh milyar rupiah) yang pembayarannya oleh PT. BPP kepada PT. SMA dilakukan secara bertahap, yaitu dua tahap. Tahap 1 sebesar Rp. 35.00.000.000,- (tiga puluh lima milyar rupiah) dan Tahap II sebesar Rp. 25.000.000.000,- (dua puluh lima milyar lima rupiah).

Selain memberikan fasilitas kredit, Bank Jago juga menerbitkan Bank Garansi untuk keuntungan penerimaan jaminan PT. BPP (Bouwheer) sebagai jaminan atas pelaksanaan pekerjaan PT. SMA (Performance Bond).

Bank Jago juga meminta PT. SMA untuk memberikan jaminan tambahan berupa stok mobil Toyota Camry dari PT. Tunggal Jaya yang dimiliki Tn. Paul dan Tn. Amar pemegang saham mayoritas PT. SMA.

 

PERTANYAAN

1.      Dalam perkiraan cash flou-nya PT. SMA mempunyai perkiraan in flow penerimaan pembayaran (tagihan) dari PT. BPP dalam beberapa tahap dalam jumlah yang berbeda.

a.       Lembaga jaminan apa yang dapat digunakan untuk mengamankan fasilitas kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah tersebut dan apa dasar hukumnya?

b.      Siapa yang dapat menandatangani perjanjian kredit dan perjanjian jaminan untuk PT. SMA!

c.       Apa syarat efekrifnya lembaga yang Saudara jawab dalam huruf a?

d.      Apakah dengan jaminan tersebut bank telah mempunyai kedudukan preferen?

 

2.      Sebagai deposan Bank Jago, PT. SMA memiliki beberapa sertifikat deposito dalam pecahan masing-masing Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).

a.       Jika dalam hal persyaratan kredit ditentukan bahwa deposito tersebut harus menjadi jaminan kredit, bagaimana cara melaksanakannya?

b.      Jelaskan alasan Saudara memilih lembaga tersebut dan sebutkan dasar hukumnya (peraturan dan pasalnya)!

 

3.      Dalam hal Saudara menjadi Legal Officer dari PT. BPP

a.       Syarat apa yang harus diperhatikan dari Bank Garansi agar dapat memenuhi ketentuan Bank Garansi?

b.      Apa konsekuensinya jika suatu hak istimewa yang dipunyai Bank Jago tidak dikesampingkan oleh bank tersehut?

c.       Bilamana klaim Bank Garansi dapat diajukan kepada Bank Jago oleh PT. BPP?

 

4.      Kalau PT. Tunggal Jaya bersedia untuk menjaminkan stok mobil Toyota Camry:

a.       Apa lembaga jaminan yang dapat digunakan?

b.      Uraikan dengan singkat prosedur pengikatan jaminan tersebut sampai Bank Jago menjadi kreditur yang preferen!

perlu bantuan UTS Transaksi Berjamin? hubungi 085947227102
https://api.whatsapp.com/message/AXGUKOYJEK5PH1?autoload=1&app_absent=0


Jasa/ Joki Penulisan Hukum Berpengalaman Sejak 2012
Jasa Penulisan

Nomor 1 di Indonesia
Jasa Pembuatan Paper/Jurnal/skripsi/Tesis/Disertasi Hukum oleh Akademis MH UI (Cumlaude) terpercaya & materi muatan berkualitas.


 

Comments

Popular posts from this blog

Resume Isu Hukum - Prof. Peter Mahmud

ISU HUKUM  A. Mengidentifikasi Isu Hukum Isu hukum mempunyai posisi sentral di dalam penelitian hukum, seperti halnya posisi permasalahan di dalam penelitian bukan hukum, isu hukum harus dipecahkan dalam penelitian hukum. Dalam penelitian hukum harus dijawab terlebih dahulu, apakah masalah yang akan diteliti tersebut merupakan isu hukum. Sebuah masalah yang kelihatannya konkrit belum tentu merupakan sebuah isu hukum.  Isu hukum timbul karena adanya dua proposisi hukum yang saling berhubungan satu terhadap lainnya, dimana hubungan tersebut dapat bersifat fungsional, kausalitas (proposisi yang satu dipikirkan sebagai penyebab yang lainnya), maupun yang satu menegaskan yang lainnya.  Untuk memahami isu hukum perlu pemahaman mengenai ilmu hukum, yaitu dogmatik hukum, teori hukum, dan filsafat hukum. Dalam tataran dogmatik hukum, sesuatu merupakan isu hukum apabila masalah itu berkaitan dengan ketentuan hukum yang relevan dan fakta yang dihadapi. Menurut penelitian tataran teori

PERMASALAHAN HAK ASASI MANUSIA BERDASARKAN PENDEKATAN HUKUM PROGRESIF

BAB I PENDAHULUAN PENDAHULUAN 1.1                Latar Belakang Sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan sifat Maha Pengasih dan Maha Penyayang, dimana sifat Welas Asih dan Rahmat dapat menjadi "panutan". Sifat Ar-Rohman (Maha Penyayang) berarti bahwa Allah selalu melimpahkan karunia-Nya kepada makhluk-makhluk-Nya (manusia), sedangkan sifat Ar-Rohim (Maha Penyayang) berarti bahwa Allah selalu merupakan Rahmat yang menyebabkan Allah selalu melimpahkan Rahmat-Nya. Berawal dari itu, kita sebagai manusia yang diberi akal dan hati nurani oleh karena itu selalu di dunia ini memancarkan sifat Welas Asih dan Rahmat baik kepada sesama manusia, sesama makhluk dan alam semesta, sehingga memberikan "Rahmatan Lil Alamin" bagi seluruh alam semesta. Setiap orang yang bisa berpikir jujur, harus mengakui bahwa kehadirannya di bumi ini bukan atas kehendak bebasnya sendiri, bahwa manusia menciptakan Allah SWT untuk dihormati, bukan untuk dipermalukan. [1]

Jasa Pembuatan Jurnal Ilmiah (Sinta dan Scopus)

  Jasa Pembuatan Tulisan Hukum berupa pembuatan Naskah Jurnal ilmu hukum yang dikerjakan langsung oleh Akademis Hukum tamatan FH USU dan MH UI.  Jurnal yang kami kerjakan dijamin tidak copy paste, sesuai dengan metode penulisan hukum dan akan kami buat dengan landasan teori hukum. Karena kami tidak ingin Tesis anda hanya asal jadi saja. Kami juga memiliki penyediaan referensi yang terbaru, dengan fasilitas jurnal dan perpustakaan FH UI yang dapat kami gunakan Untuk lebih meyakinkan anda bahwa kami telah berpengalaman, silahkan cek IG kami @jasapenulisanhukum Jurnal yang disarankan oleh dikti untuk publikasi sebenarnya ada 2 yaitu jurnal nasional dan jurnal internasional. Jika jurnal nasional yang anda pilih maka harus terindex Sinta dan terakreditasi. Jika internasional yang anda pilih setidaknya harus terindex Scopus tetapi sangat berat untuk memasuki scopus ini. Selain itu anda juga harus berhati hati karena scopus pun juga ada yang predator atau jurnal abal- abal. Tetapi untuk S